Pengurusan Sertifikat, BPN Ingatkan Warga Tidak Gunakan Calo

Kepala BPN saat menjawab pertanyaan wartawan.
Kota Bima, Suara Rakyat,- Banyaknya persoalan yang muncul terkait pengurusan sertifikat tanah, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bima terus mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan jasa orang lain atau yang disebut calo.

Masyarakat mengeluhkan mahalnya biasa pembuatan sertifikat yang tidak sesuai dengan obyek tanah. Padahal di BPN proses pembuatannya secara prosedural hanya menarik biaya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Hal itu Kepala BPN Kota Bima, Suhardin, SH. M. Ap. Ia mengingatkan kepada masyarakat yang ingin mengurus sertifikat agar tidak menggunakan calo. Masyarakat bisa langsung datang mengurus di kantor BPN tanpa melalui perantara.

“Jika menggunakan calo, tentu biaya akan semakin mahal. Calo mengurus sertifikat tentunya mencari keuntungan,” ungkapnya beberapa hari lalu.

Dijelaskan, jika penarikan melebihi dari ketentunya, itu masuk kategori pungutan liar (Pungli). Jika ada pegawai BPN yang melakukan hal itu, ia berjanji akan menindaknya dengan tegas sesuai aturan yang berlaku.

“Jika calo meminta biaya melebihi ketentuan, kami BPN tidak bertanggung jawab. Maka dari itu kembali saya ingatkan jangan pakai calo,” tegasnya. (SR. 07).
Pengurusan Sertifikat, BPN Ingatkan Warga Tidak Gunakan Calo Pengurusan Sertifikat, BPN Ingatkan Warga Tidak Gunakan Calo Reviewed by Suara Rakyat on 17.53.00 Rating: 5

Tidak ada komentar :

IKLAN Iklan Perhub photo IIklan Perhubungan_zpsytjfpiob.jpg Iklan Nafisah photo Iklan Nafisah_zpszb6etavd.jpg

Diberdayakan oleh Blogger.